Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Anggota DPRD Jabar Dilantik Hari Ini

Kompas.com - 01/09/2014, 14:51 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Seratus anggota DPRD Jabar periode 2014-2019 dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Senin (1/9/2014).

Pelantikan dan sumpah jabatan itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri tertanggal 28 Agustus 2014. SK ini juga resmi memberhentikan anggota DPRD Jabar periode 2009-2014.

Untuk sementara, Ketua DPRD dijabat oleh Sekretaris DPD PDIP Jabar, Gatot Cahyono dan Wakilnya Ketua DPD Golkar Jabar, Irianto MS Syafiuddin (Yance). Pengucapan sumpah dan janji itu dipimpin oleh Kepala Pengadilan Tinggi Jabar Marni Emmy Mustafa.

"Sumpah dan janji merupakan tanggung jawab tugas kepada bangsa dan negara. Saya akan mengambil sumpah dari saudara, pengambilan sumpah dilakukan menurut agama islam," kata Marni, Senin (1/9/2014) saat akan membacakan sumpah.

Ketua DPRD Jabar sebelumnya, Irfan Suryanagara, berharap para anggota dewan yang baru bisa  membawa kehendak rakyat untuk dijadikan kebijakan dari Pemprov Jabar.

"Saya berharap sahabat semua bisa membawa suara rakyat, sebab saat ini belum semua keinginan rakyat dapat diwujudkan," kata Irfan.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan bahwa proses pemilu di Jawa Barat telah berlangsung aman dan kondusif. Dia berpendapat ke-100 wakil rakyat yang baru adalah orang yang tepat.  "Mereka adalah pilihan tepat dari seluruh masyarakat Jawa Barat", ujar Yayat.

Membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, DPRD harus bisa menciptakan ritme kerja yang produktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com