Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Lampung: Pulau Kiluan Memang Kita Jual

Kompas.com - 31/08/2014, 17:22 WIB
Angger Putranto

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Heboh soal iklan penjualan Pulau Kiluan di Kabupaten Tanggamus, Lampung, mendapat tanggapan dari Gubernur Lampung Ridho Ficardo. Gubernur termuda se-Indonesia tersebut dengan tegas mengatakan akan menjual Pulau Kiluan.

"Ya kita memang akan jual Pulau Kiluan. Kita akan jual pariwisatanya, bukan tanahnya," ujar Ridho saat menghadiri Tapis Karnival 2014 di Bandar Lampung, Minggu (31/8/2014).

Lebih lanjut, Ridho mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung telah memeriksa status tanah Pulau Kiluan di Badan Pertanahan Negara. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Pulau Kiluan masih dimiliki negara dan tidak diperjualbelikan.

"Berita tentang penjualan memang membuat kami kaget. Namun, di sisi lain, banyak orang jadi penasaran dan ingin mengunjungi Pulau Kiluan," ujar Ridho.

Sebelumnya, berita rencana penjualan Pulau Kiluan sempat meledak setelah situs www.privateislandonline.com memasang iklan penjualan Pulau Kiluan seharga Rp 3,51 miliar. Selain Pulau Kiluan, situs tersebut juga memasang penjualan Pulau Kumbang, Sumatera Barat.

Kompas yang sempat mengunjungi Pulau Kiluan mengonfirmasi rencana penjualan pulau tersebut kepada Juned, seorang penjaga Pulau Kilauan.

"Masa benar mau dijual? Saya malah tidak tahu. Pak Gunawan (pemegang hak kelola Pulau Kiluan) juga tidak tahu kabar tersebut. Beliau malah ingin mencari tahu siapa yang memasang iklan tersebut," kata Juned.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com