Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Kasus Flo, Polisi di Jogja "Lebay" dan "Overacting"

Kompas.com - 31/08/2014, 12:13 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seniman Butet Kartaredjasa memandang penanganan dan penahanan Florence Sihombing lantaran dituduh menghina warga Jogja adalah tindakan "lebay".

Meski tindakan Flo keliru, kata Butet, namun seharusnya Polisi bisa mengambil langkah-langkah yang lebih bijak dalam menangani kasus seperti itu. "Ya mbok dibebaskan saja. Saya tidak membenarkan Flo, dia tetap keliru. Namun penanganan sampai penahanan itu lebay, overacting," ujar Butet saat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/8/2014).

Butet mengungkapkan, penanganan aparat Polda DIY dengan menahan Florence adalah langkah yang kontraproduktif. Tindakan tersebut sekaligus mencoreng citra kepolisian dan kearifan warga Jogja.

"Saya kira polisi bisa mengambil langkah-langkah bijak dalam menangani kasus seperti ini," ucap dia lagi.

Menurut Butet, masih banyak kasus yang jauh lebih berat yang harus ditangani pihak kepolisian. Misalnya, kasus pembunuhan wartawan Udin, kekerasan-kekerasan berkedok agama, kasus anjuran anti pluralisme di Jogja, dan premanisme.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemilik akun Path Florence Sihombing dilaporkan ke pihak kepolisian karena tulisannya yang dianggap menghina warga Jogja. Dia lalu dijerat dengan pasal dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta pasal Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Flo resmi ditahan di Ditreskrimsus Polda DIY dan ditetapkan sebagai tersangka pada Sabtu pukul 17.00 Wib kemarin. Pasal yang dikenakan yakni 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 1, pasal 28 ayat 2 jo pasal 45 ayat 2 UU ITE Nomor 11 Tahun 2008. Sementara untuk KUHP Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com