Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diusulkan Jadi Menpera dalam Kabinet Jokowi-JK, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Kompas.com - 29/08/2014, 18:30 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena dirinya telah diberi kepercayaan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Seluruh Indonesia (AP2ERSI) untuk menjadi calon Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) RI dalam kabinet Jokowi-JK.

"Intinya saya mengucapkan banyak terima kasih karena sudah dipercaya, saya ucapkan terima kasih kepada AP2ERSI atas apresiasi dan usulannya untuk menjadi Menpera RI," kata Ridwan saat ditemui seusai menghadiri acara pelantikan Smart City di Hotel Panghegar, Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/8/2014).

Namun demikian, Ridwan mengaku tak bisa menjawab atas pengusulan dirinya menjadi Menpera RI dalam kabinet Jokowi-JK.

"Kalau masalah iya, bersedia dan tidaknya (dicalonkan menjadi Menpera) saya kira enggak bisa dijawab sekarang," katanya.

Sepertinya, lanjut Ridwan, jabatan dan pangkat apapun yang ditawarkan, Ridwan mengaku berat untuk menerimanya. Pasalnya, Kota Bandung yang kini ditanganinya masih belum beres dan masih semerawut.

Ridwan mengaku akan menerima tawaran dengan pangkat dan jabatan dengan satu catatan, yakni, cita-citanya sesuai harapan, yakni menjadikan kota Kembang ini sesuai dengan motonya, "Bandung Juara".

"Pada prinsipnya, saya ingin membereskan kewajiban saya dulu di Kota Bandung, itu berkali-kali saya sampaikan, karena saya pertama baru setahun menjadi wali kota, hasilnya juga belum banyak kelihatan. Kalau Bandung sudah beres, mau (loncat) kemana aja lebih leluasa, intinya saya ingin membereskan Kota Bandung saja dulu," tegas Ridwan.

Menurut dia, DPP AP2ERSI mengusulkan dirinya dan tiga nama kandidat lainnya termasuk logis, karena empat nama yang diusulkan menjadi Menpera itu memenuhi kriteria jika berbicara latar belakang profesi.

"Bidang-bidang yang diusulkan mungkin menyesuaikan dengan latar belakang profesi, mungkin logis lah ya," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi salah satu kandidat calon Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) yang diusulkan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Seluruh Indonesia (AP2ERSI). Selain Ridwan Kamil ada tiga nama yang diusulkan AP2ERSI ke kabinet Jokowi-JK, yakni Enggartiasto Lukita (politisi), Zulfi Syarif Koto, dan Mochamad Jehansyah Siregar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com