Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Pipa Pertamina yang Bocor di Subang Rampung Hari Ini

Kompas.com - 29/08/2014, 08:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina terus memperbaiki pipa bocor yang menyebabkan terbakarnya sejumlah bangunan dan lahan warga milik warga di Desa Mandalawangi, Sukasari, Subang, Jawa Barat, Kamis kemarin.

Setelah menyedot sisa minyak pada pipa yang menyalurkan solar dari Kilang Balongan, Indramayu ke Depo Plumpang, Jakarta, sejumlah teknisi hingga tadi malam terus melakukan perbaikan.

Berdasarkan informasi dari Pertamina upaya perbaikan akan selesai Jumat. Hal itu guna melancarkan dan memulihkan distribusi solar dari kilang ke depo Pertamina.

"Ini perbaikan pipa sehari juga bisa beroperasi lagi. Tadi lihat kan ada selang yang nyedot itu," ujar Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region 3 Pertamina Milla Suciyani di Subang, Jawa Barat, kemarin.

Milla mengatakan pemulihan jalur pipa dilakukan dengan menghentikan saluran. Caranya dengan menutup klep. Hasilnya, rembesan solar tidak terus mengalir ke aliran sungai.

"Antara stopper dengan itu aku tidak tahu jarumnya. Berapa panjangnya, tidak cukup di-stop saja karena meski di-stop namun flow-nya kan deres sekitar 425 kiloliter per jam dengan diameter pipa 16 inc," ujar Milla.

Milla mengatakan, teknisi akan mengebut pengerjaan mengerjakan perbaikan hingga rampung pada Jumat (29/8/2014) ini. Tim tersebut berasal dari tim pemasaran tim teknisi Jawa Barat dan tim untuk identifikasi dampak.

"Dari tim pemasaran Jawa bagian Barat, tapi yang pasti tim berasal dari techinal support untuk melakukan perbaikan dan tim untuk identifikasi dampak, untuk personelnya saya tidak hitung," ujar Milla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com