Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menumpang Becak, BJ Habibie Bernostalgia ke Rumah Masa Kecilnya

Kompas.com - 29/08/2014, 05:37 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Presiden Ketiga Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, meresmikan Monumen Cinta Habibie Ainun, di sudut lapangan Andi Makkasau, Kelurahan Malusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Kamis (28/08/2014) sore. Sesudahnya, dia bernostalgia.

Menumpang becak, Habibie mendatangi rumah yang pernah menjadi tempat dia pulang pada masa kecilnya dulu. Dia berada satu becak dengan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. Rumah yang mereka tuju berlokasi di Jalan Baharuddin Jusuf Habibie, dan sekarang berfungsi sebagai rumah dinas milik Bank BNI.

“Di sini tempat saya sering membaca buku, sepulang sekolah,“ ujar Habibie singkat, sembari duduk di ruang tamu rumah itu dengan khidmat. Mereka tak lama berbincang di ruang yang menyimpan kenangan tersebut, sekalipun diakui Habibie bahwa keluarganya hanya sebentar tinggal di sana.

Sambutan rakyat

Saat Habibie menumpang becak menuju rumah masa kecilnya itu, warga Parepare berebut ingin menjabat tangannya. Namun, pengawalan yang ketat dari TNI dan Polri, tak memberi ruang yang banyak untuk mereka sekadar mendekati Habibie.

Kecewa tentu saja dirasakan oleh warga, tetapi satu dua foto sekalipun dari kejauhan sudah bisa sedikit mengobatinya. "Pak Habibie, salah satu tokoh Negara ini menjadi idola saya. Walau hanya foto dari Jauh, foto ini akan saya cetak dan akan saya pajang di ruang tamu, “ ujar Aris, salah satu warga yang bisa memotret sosok Habibie memakai kamera di telepon genggamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com