Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gusdurian: Kiai Sepuh Tak Ingin Muhaimin Pimpin PKB Lagi

Kompas.com - 27/08/2014, 13:37 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Kelompok pengagum dan pelestari ajaran Gus Dur atau Gusdurian mengklaim bahwa para kiai sepuh di Jawa Timur tidak memberikan restu kepada Muhaimin Iskandar untuk kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Aspirasi para kiai sepuh tidak menghendaki Muhaimin memimpin PKB lagi. Kami siap mengawal keinginan para kiai tersebut demi kebesaran PKB di masa mendatang," kata Koordinator Gusdurian Jatim, Basuni Alim, Rabu (27/8/2014).

Basuni mengatakan, Gusdurian Jatim akan berjuang di dalam dan di luar arena Muktamar PKB di Suarabaya pada 31 Agustus mendatang agar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu tidak maju lagi pada muktamar kali ini.

"Ada kabar bahwa Muhaimin akan terpilih secara aklamasi dalam forum muktamar nanti. Karena itu, kami siap menghadang dari dalam maupun dari luar arena sidang," tegasnya.

Muhaimin, lanjut dia, dipersilakan datang ke forum muktamar, tetapi tidak untuk mencalonkan sebagai ketua umum lagi.

"Jika Muhaimin tetap ngotot mencalonkan, kami akan bubarkan muktamar, karena bagaimanapun juga PKB juga merupakan bagian dari Gusdurian sebagai wadah aspirasi politik warga NU," tambahnya.

Sebelumnya, nama Muhaimin disebut-sebut akan dipilih secara aklamasi dalam forum muktamar di Surabaya, 31 Agustus mendatang. Semua pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB di seluruh Indonesia dikabarkan secara bulat mendukung Muhaimin melanjutkan jabatannya di PKB. Penetapan Muhaimin dilakukan secara aklamasi karena akan menjadi calon tunggal Ketua Umum PKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com