Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes AS Pilih Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Perayaan Thanksgiving

Kompas.com - 26/08/2014, 16:01 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com
- Kabupaten Banyuwangi akan menjadi tuan rumah perayaan Thanksgiving Kedutaan Besar amerika Serikat di indonesia. Rencananya, agenda tersebut akan dilaksanakan pada 20 November 2014 dan dihadiri langsung oleh Robert O Blake, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (26/8/2014). Dia juga menjelaskan bahwa Konsul Jendral AS di Surabaya Joaquin F Monserrate telah mengunjungi Kabupaten Banyuwangi untuk menjelaskan secara detail rencana menggelar Thanksgiving di Banyuwangi.

"Ini kesempatan untuk Banyuwangi mempromosikan diri karena akan banyak orang hebat yang datang mulai dari duta besar hingga alumnus pendidikan Amerika Serikat. Jelas ujungnya untuk menggerakkan ekonomi lokal demi peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat," ungkap Anas.

Dia juga mengatakan bahwa Banyuwangi telah melakukan kerjasama dengan Amerika Serikat dengan menempatkan lima orang pengajar yang disebar di sejumlah sekolah di Banyuwangi, seperti di Kecamatan Glenmore, Cluring, dan Srono.

Pada perayaan Thanksgiving di Banyuwangi, para diplomat AS akan memasak kalkun bersama pada pagi hari tanggal 20 November. Setelah itu, malamnya akan makan bersama. Masyarakat ikut merayakan dengan turut membantu memasak.

"Nanti juga akan dihidangkan panganan khas lokal Banyuwangi termasuk buah lokal unggulan dan kopi," tambahnya.

Thanksgiving sendiri adalah tradisi dimasyarakat Amerikas Serikat sejak abad 17 lalu sebagai hari untuk merayakan musim panen. Saat ini Thanksgiving sendiri dirayakan dengan tradisi memasak ayam kalkun dan telah ditetapkan sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com