Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya 7 Meter Muncul di Tengah Laut dan Hebohkan Nelayan Konawe

Kompas.com - 26/08/2014, 15:49 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Seekor buaya dengan bobot besar dan panjang tujuh meter secara tiba-tiba muncul di tengah laut di Desa Waworaha, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (26/8/2014) pagi.

Kemunculan buaya itu mengagetkan sejumlah nelayan yang tengah menangkap ikan di perairan laut Soropia. Asbar, salah seorang nelayan, menuturkan bahwa buaya besar itu tiba-tiba keluar dari kawasan hutan bakau saat ia tengah mengail ikan.

"Saya lihat dia muncul tiba-tiba dan mengelilingi rakit. Jarak buaya itu sekitar lima meter dari rakit. Saya tarik cepat pancing, kemudian menyelamatkan diri," katanya, Selasa (26/8/2014).

Hal senada juga dijelaskan Yuyu, seorang nelayan di Kecamatan Soropia. Ia mengaku sempat melihat buaya ukuran besar sebanyak dua ekor.

"Saat itu saya melihat sero yang sudah terpasang di tengah laut, buaya itu muncul dua ekor. Satu panjangnya sekitar tujuh meter, dan yang satunya sekitar enam meter. Karena takut, saya putar cepat perahu, kemudian lari," ungkapnya.

Kemunculan buaya itu, lanjut Yuyu, bukan yang pertama. Hewan reptil itu sudah sering muncul, tetapi kali ini ukurannya sangat besar. Akibatnya, hingga kini, para nelayan enggan melaut lantaran takut dengan kemunculan buaya ukuran besar.

"Sering memang kita lihat buaya, tetapi ukuran kecil. Saya perkirakan buaya itu muncul di tengah laut karena hutan bakau tempat biasanya bermain sudah mulai rusak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com