Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Relawan Indonesia Berangkat ke Jalur Gaza

Kompas.com - 25/08/2014, 15:43 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Sebanyak 18 relawan Indonesia akan diberangkatkan ke Jalur Gaza, Palestina, Selasa (26/8/2014) malam. Mereka diberangkatkan untuk menyampaikan bantuan kemanusiaan.

Menurut Ketua Komite Nasional Untuk Rakyat Plestina (KNRP) wilayah NTB, Ahmad Muchlis, tahun ini NTB mengirimkan seorang relawan untuk ikut berangkat ke Palestina. Relawan ini nantinya akan bergabung dengan relawan lainnya memasuki Gaza, melalui jalur Rafah.

"Kami berharap bisa menembus Gaza supaya dapat menyampaikan bantuan langsung kepada perwakilan rakyat Palestina," kata Ahmad dalam jumpa pers pemberangkatan relawan, Senin (25/8/2014).

Namun, jika tidak bisa menembus Gaza, para relawan akan menyerahkan bantuan melalui perwakilan Palestina atau posko kemanusiaan yang ada di perbatasan jalur Gaza.

Ahmad mengatakan, dana sebesar Rp 1 miliar telah dihimpun dari masyarakat NTB akan dikumpulkan di Jakarta dan disalurkan kepada rakyat Palestina. Dana ini nantinya akan disalurkan dalam wujud dua mobil ambulance, peralatan kesehatan, obat-obatan dan makanan.

Sementara itu, pengiriman relawan tahun ini merupakan delegasi ketiga yang dikirimkan NTB. Delegasi pertama berhasil sampai Gaza melalui jalur Raba, Mesir. Periode kedua melalui jalur Yordan dan delegasi ketiga akan diberangkatkan menuju Gaza melalui jalur Rafah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com