Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Lutung Serbu Kebun Warga di Lebak

Kompas.com - 23/08/2014, 21:45 WIB
LEBAK, KOMPAS.com - Puluhan lutung (Langur) atau sejenis kera menyerbu kebun milik warga Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Sabtu (23/8/2014). Mereka datang secara bergerombol merusak tanaman pisang, jagung, kacang dan padi yang ada di ladang atau kebun milik warga untuk sekedar mencari makanan. Sebagian lutung juga masuk ke perkampungan warga agar mereka bisa mengonsumsi makanan.

"Satwa itu dipastikan terancam kelaparan karena di habitatnya kawasan hutan lindung sudah tidak ada lagi makanan," kata Dayat warga Gedong, Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Ia mengatakan, saat ini buah-buahan di kawasan hutan setempat belum musim panen sehingga lutung kesulitan untuk mencari makanan. Biasanya, mereka mengonsumsi buah kiara, turlalak, kecapi dan rambutan.

Menurut dia, populasi lutung di wilayahnya diperkirakan mencapai ratusan ekor, tersebar di beberapa desa di Kecamatan Sajira. Para warga dikatakan tidak melakukan perburuan maupun pemusnahan. Pasalnya, lutung tidak mengganggu warga setempat.

"Kami sangat bersahabat dengan lutung hutan itu, meskipun mereka merusak tanaman warga," katanya.

Mereka lutung hidup di pohon-pohon tinggi di kawasan hutan lindung juga pemakaman. Di sore hari, mereka berkeliaran di sekitar tepi Sungai Ciberang di Blok Sangiang.

Bahtiar, seorang mahasiswa IPB berharap pemerintah segera melakukan pendataan dan menyediakan kawasan untuk lutung sehingga mereka tidak lari lagi ke kebun maupun permukiman warga untuk mencari makanan.

"Memang, lutung-lutung di Sajira habitatnya yang ada di kawasan pohon kuburan dan pohon di tepi Sungai Ciberang," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com