Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan Koalisi Merah Putih, Soekarwo Bentuk Koalisi Jawa Timur

Kompas.com - 22/08/2014, 17:42 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, tidak ingin suhu panas politik pasca-pilpres di Jakarta menjalar ke daerahnya. Usai suksesi tingkat nasional tersebut, dia mengaku sudah membentuk Koalisi Jawa Timur yang beranggotakan semua partai, tanpa embel-embel pendukung Prabowo-Hatta, atau pendukung Jokowi-JK.

"Semua partai akan dirangkul demi stabilitas politik di Jawa Timur, tidak ada kaitannya dengan pilpres, namanya 'Koalisi Jawa Timur', bukan 'Koalisi Merah Putih'," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini, Jumat (22/8/2014).

Di Jatim, lanjut Soekarwo, sentralisasi di bidang politik tidak berlaku. Jatim memiliki cara tersendiri membangun demokrasi, demi masa depan Jatim ke depan.

"Di koalisi ini semua yang menyangkut wilayah politik seperti pimpinan dewan, Fraksi dan Komisi akan dibicarakan secara bersama, tidak peduli asal partai anggota," tegasnya.

Soekarwo mengaku sengaja tidak mengikuti dinamika politik di tingkat pusat pasca pilpres demi kepentingan daerahnya, meskipun dia sendiri menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat Tim Pemenangan Prabowo-Hatta saat pilpres lalu.

Kemarin, partai pendukung Prabowo-Hatta mendeklarasikan koalisi merah putih. Koalisi yang mengakui putusan Mahkamah Konstitusi yang menyebut menolak seluruh gugatan tim Prabowo-Hatta ini mengaku terus berjuang untuk memajukan kepentingan bangsa dan negara, meskipun berada di luar jalur pemerintahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com