Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempuh Jarak 100 Km, Seorang Ibu Asal Pidie Lahirkan Bayi Kembar Tiga

Kompas.com - 21/08/2014, 10:29 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Tak menyangka harus menjalani persalinan, seorang ibu berasal dari Desa Grong-Grong, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, akhirnya melahirkan bayi kembar tiga di Banda Aceh.

Seorang Ibu yang bernama Ernita ini, tak menyangka kalau ia harus melahirkan di luar jadwal persalinannya. Awalnya ia berkunjung ke Rumah Sakit Ibu dan Anak, Banda Aceh, yang berjarak sekitar 100 kilometer dari desa tempat tinggalnya, untuk memeriksakan kondisinya yang mengalami sakit kepala hebat.

Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), Dr Erni Ramayani, menyatakan bahwa kondisi Ernita dalam keadaan hipertensi saat melakukan pemeriksaan. "Namun seiring diagnosis itu, tim medis juga mendapatkan bahwa kondisi sang ibu sudah dalam bukaan dua, jadi dia memang harus menjalani persalinan demi keselamatan ibu dan bayi," kata Ernita, Rabu petang (20/8/2014).

Lalu, pihak rumah sakit pun memutuskan untuk melakukan operasi caesar. "Dan ternyata, bayinya kembar tiga dan mereka lahir dalam kondisi selamat dan sehat," kata Ernita.

Bayi yang lahir terdiri dari dua bayi berjenis kelamin laki-laki dengan berat badan masing masing 1,4 kilogram dan 1,7 kilogram. Sementara bayi yang satunya berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 1,6 kilogram. "Saya sungguh tak menyangka mendapat anugerah sebesar ini," ujar Ernita.

Meski sang ibu dan tiga bayi kembarnya dinyatakan sehat, namun ibu dan anak ini masih dalam perawatan intensif pihak dokter di RSIA Banda Aceh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com