Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Bakal Batasi Tonase Kendaraan di Jalur Selatan Jateng

Kompas.com - 20/08/2014, 21:44 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bakal memberlakukan pengaturan tonase bagi kendaraan yang melintas di jalur selatan. Hal itu menyusul semakin rusaknya jalan di jalur tersebut pasca-perbaikan jembatan Comal, Pemalang, beberapa waktu lalu.

“Pasti nanti ada pengaturan tonase, termasuk pengurangan lalu lintas kendaraan besar yang melintas. Kasihan masyarakat," ungkap Ganjar seusai meninjau Balai Metrologi Wilayah Magelang, Rabu (20/8/2014) sore.

Ganjar pun meminta masyarakat wilayah utara bersabar, setidaknya hingga Oktober 2014 mendatang atau sampai jembatan Comal, Pemalang selesai diperbaiki.

“Kami sudah koordinasi, termasuk dengan Dirjen Perhubungan Darat dan semua oke. Saya perintahkan jajaran untuk segera memperbaiki jalur selatan yang sekarang mulai muncul kerusakan akibat banyak dilalui kendaraan,” ujar pria yang pernah menjadi anggota Komisi IV DPR RI itu.

Ganjar berujar, saat berkunjung ke Kabupaten Brebes, ia mendapat laporan bahwa salah satu jembatan di wilayah itu telah berlubang dan mengkhawatirkan. Padahal hingga kini jembatan itu masih sering dilewati kendaraan.

"Saya dapat laporan kalau ada jembatan di Brebes yang rusak, setelah saya lihat ternyata benar. Terlihat berlubang tepat di bagian tengah jembatan. Nih, saya perlihatkan fotonya. Bolong toh?" tanya Ganjar sembari memperlihatkan foto jembatan di ponselnya kepada wartawan.               

Beruntung, kata Ganjar, lebar jalan di sekitar jembatan itu sampai 10 meter, sehingga tidak memunculkan kemacetan parah seperti yang terjadi di Comal.

"Terus terang, kami tidak bisa apa-apa. Namun kita sudah perintahkan untuk segera diperbaiki,” pungkas Ganjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com