Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Masuk Finalis Wali Kota Terbaik Dunia Versi CMF

Kompas.com - 20/08/2014, 19:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini tercatat sebagai nominator wali kota terbaik dunia 2014 calon peraih World Mayor Prize dari The City Mayors Foundation (CMF). Risma akan bersaing jadi yang terbaik melawan 25 wali kota dari berbagai negara.

Pemkot Surabaya melalui Kabag Kerjasama Pemkot Surabaya, Ifron Hady, mengaku beberapa waktu lalu menerima surat elektronik dari The City Mayors Foundation (CMF). Isinya menerangkan tentang terpilihnya Wali Kota Surabaya sebagai salah satu nominator 26 wali kota terbaik dunia.

"Ibu Risma, menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada ajang penghargaan itu," katanya, Rabu (20/8/2014) sore.

Penyelenggara, kata dia, akan menentukan pemenang berdasarkan jumlah voting melalui email yang diterima, serta kuatnya testimoni yang mendukung. “Proses voting akan ditutup pada Oktober mendatang," tambahnya.

City Mayors Foundation merupakan yayasan non-komersial yang didirikan pada 2003 dengan tujuan mendukung, mendorong, serta memfasilitasi pemerintah daerah di seluruh dunia dalam penerapan sistem pemerintahan yang baik.

Organisasi CMF mencari sosok pemimpin dengan kriteria berdasar visi dan kepemimpinan, kemampuan manajemen dan integritas, perhatian terhadap masalah sosial dan ekonomi, penyediaan lingkungan yang aman dan nyaman, serta mampu menjalin komunikasi yang baik dengan semua lapisan masyarakat.

Sebelumnya, CMF meluncurkan 121 nama kandidat wali kota terbaik dari berbagai negara. Jumlah tersebut lantas disaring menjadi 26 wali kota terbaik. Selain Risma, kepala daerah finalis peraih WMP itu terdiri atas empat wali kota dari Amerika Utara, empat dari Amerika Latin, sembilan dari Eropa, enam dari Asia, satu dari Australia, serta dua wali kota dari Afrika.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kompas.com, dalam situs resmi World Mayor Prize, www.mayorworld.com, nama Tri Rismaharini (Risma) memang tercatat sebagai salah satu dari 26 finalis wali kota terbaik calon penerima WMP.

Nama Risma tercantum di urutan pertama wali kota di Asia. Sementara urutan kedua adalah Yona Yahav, Wali Kota Haifa, Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com