Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imigrasi Batam Tolak Masuk Warga Singapura karena Tak Sopan

Kompas.com - 20/08/2014, 16:15 WIB
BATAM, KOMPAS.com — Selama bulan Juli 2014, Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre telah menolak 225 warga negara asing (WNA) yang masuk melalui pelabuhan tersebut.

Pemulangan WNA pada bulan tersebut merupakan yang terbanyak selama periode Januari-Juli 2014. Tak puas sampai di situ, dalam dua pekan terakhir, pusat imigrasi Batam pun telah menolak 50 warga Singapura yang ingin masuk ke Batam.

Bukan tanpa alasan, penolakan yang juga mendapat sorotan hingga ke Negeri Singa tersebut dilakukan pusat imigrasi Batam karena ketidakpatuhan WNA tersebut.

"Kami tidak mengusir mereka. Masa iya mereka datang ke Batam kita usir. Kami menyeleksi mereka yang masuk. Sepanjang mereka tidak melanggar keimigrasian kita, ya kita kasih masuk. Namun, jika melanggar, ya wajib kita tolak. Selama ini kita masuk ke negara mereka dengan respek, mereka juga seharusnya begitu saat masuk ke negara kita," tekan Kasi Unit B TPI Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre Irwanto Suhaili saat ditemui Tribun Batam di kantornya, Selasa (19/8/2014) sore.

Menurut keterangan yang dia berikan, penolakan WNA ini sudah sesuai dengan sistem keimigrasian Indonesia. Terlebih lagi, ada juga beberapa WNA yang berperilaku tidak sopan ketika ingin masuk ke Batam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com