Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi Sang Ayah, Mahasiswa Termuda UGM Ingin Jadi Menteri PU

Kompas.com - 19/08/2014, 22:19 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Arya Bagus Kevin, mahasiswa termuda jurusan Teknik Sipil Universitas Gajah Mada (UGM) saat anak-anak bercita-cita ingin menjadi seorang dokter.

Namun seiring berjalannya waktu dan terinspirasi sang ayah, setelah lulus, Arya malah ingin menjadi Menteri Pekerjaan Umum.

"Waktu SD saya ini pengen jadi dokter," kata Arya Bagus Kevin sambil tersenyum malu, Selasa (19/08/2014) petang.

Arya menuturkan, cita-cita itu berubah setelah dirinya duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Terinspirasi oleh sang ayah, Aris Murtopo yang bekerja di Dinas Pekerjaan Umum Karanganyar Jawa Tengah, Arya membulatkan tekadnya untuk menjadi menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

"Sekarang cita-cita saya ingin jadi menteri Pekerjaan Umum, itu terinspirasi oleh ayah," katanya.

Guna meraih cita-cita itu, mahasiswa yang suka membaca buku-buku motivasi ini mengaku akan berusaha lulus S1 dengan target kurang dari 3,5 tahun. Jika ada kesempatan, anak kedua dari dua bersaudara ini ingin melanjutkan studi ke jenjang S2.

"Meski termuda harus menjadi yang terdepan, itu pesan ibu. Saya bertekad ingin ikut program Fastrack UGM, S1 sampai S2 ditempuh 5 tahun," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Arya Bagus Kevin tercatat menjadi mahasiswa termuda di Universitas Gajah Mada (UGM). Laki-laki kelahiran Solo, 23 Februari 2000 itu diterima di jurusan Teknik Sipil tahun akademik 2014/2014 saat menginjak usia 14 tahun, enam bulan 14 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com