Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Putusan MK, 20.944 Pasukan Gabungan Disiagakan

Kompas.com - 18/08/2014, 19:09 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis


BOGOR, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, M Iriawan mengatakan, sebanyak 20.944 personel gabungan dari Polda Jabar siap diterjunkan untuk pengamanan jelang pengumuman putusan sengketa Pilpres 2014 oleh Mahkamah Konstitusi.

“Jumlah 20.944 anggota kepolisian yang disiapkan ini belum termasuk dari personel TNI dan unsur lainnya. Hari ini saya juga melakukan ekstra-pengamanan kontijensi dan melakukan visual voice ke setiap polres dan polresta di wilayah Jawa Barat," ucap Iriawan kepada wartawan, Senin (18/8/2014).

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini juga menjelaskan, sebanyak 14 titik di sejumlah perbatasan Jawa Barat akan dijaga ketat oleh pasukan gabungan TNI dan Polri. Namun untuk wilayah Karawang dan Bogor akan diprioritaskan, sebab kedua wilayah tersebut berdekatan dengan ibu kota Jakarta.

"Saya pun juga sudah memerintahkan kepada seluruh jajaran polres dan polresta di Jawa Barat untuk mengantisipasi segala hal tindakan yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban," kata Iriawan.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Barat menggelar apel kesiapan simulasi situasi kontijensi, yang dipusatkan di lapangan Tegar Beriman, Komplek Pemda, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (18/8/2014). Apel kesiapan simulasi ini digelar untuk mengantisipasi keamanan, seusai pembacaan putusan sengketa pemilu presiden di Mahkamah Konstitusi pada tanggal 21 Agustus mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com