Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Gerbang Ditutup, Tol Pasteur Macet hingga 5 Kilometer

Kompas.com - 18/08/2014, 12:20 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
— Kepolisian Daerah Jawa Barat bersama TNI dan instansi terkait menggelar simulasi antisipasi keamanan seusai pembacaan putusan sengketa Pemilu Presiden 2014 di Mahkamah Konstitusi di depan gerbang Tol Pasteur, Senin (18/8/2014). Sebanyak empat gerbang ditutup untuk menjalankan simulasi tersebut.

Akibatnya, meski hingga pukul 12.00 WIB simulasi belum dimulai, kemacetan menuju gerbang Tol Pasteur dari arah Jakarta tidak terhindarkan.

Berdasarkan informasi yang diterima dari PT Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol, akibat dari simulasi tersebut, antrean kendaraan yang akan keluar dari Tol Pasteur mencapai lima kilometer hingga ke Cimahi.

Melihat kemacetan cukup panjang, PT Jasa Marga akhirnya membuka sementara dua dari empat gerbang tol yang ditutup untuk hingga simulasi dimulai. Meski demikian, antrean kendaraan belum bisa terurai.

Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Daerah Jawa Barat menggelar simulasi mengantisipasi keamanan seusai pembacaan putusan sengketa Pemilu Presiden 2014 di Mahkamah Konstitusi. Sejumlah jalan dari Jawa Barat mengarah ke Jakarta akan ditutup selama simulasi.

Untuk wilayah hukum Polres Bogor, jalan yang ditutup adalah Gerbang Tol Kranggan, Gerbang Tol Gunung Putri, Gerbang Tol Citereup, Gerbang Tol Sentul Utara, Gerbang Tol Sentul Selatan, Gerbang Tol Ciawi, Simpang Gadog, Jembatan Layang Cibinong, dan Parung.

Adapun untuk wilayah hukum Polres Bogor Kota, penutupan jalan akan dilakukan di Simpang Pomad, BORR/Jalan Baru, Baranangsiang, Simpang Ciawi, dan Yasmin Tansa.

Sementara di wilayah hukum Polres Karawang, penutupan jalan akan terjadi di Gerbang Tol Karawang Barat, Gerbang Tol Karawang Timur, Rest Area Km 42, dan Tanjungpura. Untuk wilayah hukum Polres Purwakarta, penutupan dilakukan di BIC/Kawasan Industri, Gerbang Tol Cikampek, Gerbang Tol Sadang, dan Gerbang Tol Jatiluhur.

Lalu, di wilayah hukum Polres Sukabumi, penutupan jalan terjadi di Kawasan Indolakto, Stasiun Kereta Api Cicurug, Areal Wisma Delima, dan Lapangan Sekarwangi. Di wilayah hukum Polres Cianjur, jalan ditutup di Jembatan Citarum, Rest Area Segar Alam, Jembatan Cibeet, dan Tugu Batas Gekbrong.

Adapun di wilayah hukum Polres Bandung, penutupan jalan terjadi di batas kota Cibiru, Gerbang Tol Cileunyi, Undespass Buahbatu, Underpass Moh Toha, dan Underpass Margahayu. Untuk wilayah hukum Polres Cimahi, penutupan dilakukan di Jembatan Layang Cimindi, Gerbang Tol Baros, Gerbang Tol Padalarang, Jembatan Rajamandala, dan pertigaan Pasar Cikalongwetan.

Sementara itu, untuk wilayah Polrestabes Bandung, penutupan jalan dilakukan di Gerbang Tol Pasteur, Gerbang Tol Pasirkoja, Gerbang Tol Kopo, Gerbang Tol Moh Toha, Gerbang Tol Buahbatu, batas kota Cibiru, batas kota Cimindi, dan Terminal Ledeng.

"Kami minta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat atas ditutupnya sejumlah ruas jalan ini," kata Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan.

Baca juga: Ada Simulasi Polisi, Senin Siang, Jalanan Menuju Jakarta dari Kota-kota Ini Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com