Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Desa Ini Upacara 17 Agustus "Nyebur" di Sungai

Kompas.com - 17/08/2014, 14:31 WIB


BANYUMAS, KOMPAS.com
- Ratusan warga Desa Kedungmalang Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas melaksanakan upacara bendera HUT ke 69 Kemerdekaan Indonesia, di Sungai Pelus yang melintang di sepanjang desa tersebut, Minggu (17/8/2014). Bukan di pinggir sungai, tapi nyebur di sungai.

Upacara Bendera dimulai pada pukul 10.00 wib diikuti ratusan warga Desa Kedungmalang, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Peserta upacara berbaris rapi di dalam air setinggi pinggang bawah orang dewasa. 

Beberapa warga di antaranya juga membawa jeriken, kentongan, dan botol plastik yang nantinya digunakan untuk memainkan instrumen musik pada prosesi upacara bendera.

Selain itu, dalam upacara bendera ini warga Desa Kedungmalang telah membuat dua buah kapal kecil dan bendera sepanjang 20 meter yang digunakan dalam prosesi upacara.

Layaknya upacara bendera pada umumnya, terdapat satu orang pemimpin upacara, pembacaan teks detik-detik proklamasi, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Doa dan pembacaan amanah upacara Bendera 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan RI. (Fajar Eko Nugroho).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com