Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Flores Kibarkan Bendera Merah Putih

Kompas.com - 16/08/2014, 12:14 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

BORONG, KOMPAS.com — Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, warga di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, mengibarkan bendera Merah Putih di depan halaman rumah mereka.

Selain mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah, warga juga memasang umbul-umbul dengan berbagai motif, seperti motif daerah Flores dan umbul-umbul berwarna merah putih.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Flores, Sabtu (16/8/2014), masyarakat antusias dan semangat memasang atribut-atribut tersebut. Selain itu, delapan pemerintah kabupaten/kota telah menyiapkan dan melatih pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) untuk puncak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2014.

Selain itu, berbagai festival untuk memeriahkan 17 Agustus 2014 dilaksanakan di sejumlah kabupaten. Di Kabupaten Nagekeo, festival seni dan musik bambu digelar dengan melibatkan 14 sanggar seni dan musik bambu.

Elias Djo, Bupati Nagekeo, menjelaskan saat membuka festival itu beberapa hari lalu bahwa hal itu bertujuan membangkitkan semangat warga Nagekeo untuk mempertahankan musik bambu dari kepunahan.

"Kabupaten Nagekeo memiliki kekayaan budaya, yang salah satunya adalah musik bambu. Musik Ndoto (bambu) dari Kabupaten Nagekeo sudah juara I tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur pada festival 2013 lalu di Kupang. Kami terus meningkatkan dan mengembangkan potensi ini pada masa kepemimpinan kami, pada lima tahun mendatang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com