Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata ke Bekas Pangkalan Armada Angkatan Laut Kerajaan Gowa

Kompas.com - 16/08/2014, 10:22 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

TAKALAR, KOMPAS.com — Warga Takalar, Sulawesi Selatan, dapat menjadikan Pantai Galesong sebagai alternatif liburan pada akhir pekan. Obyek wisata ini merupakan bekas pangkalan angkatan laut Kerajaan Gowa pada masa silam. Bekas pangkalan ini terbentang luas di seluruh pesisir Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Lokasi Pantai Galesong ini cukup strategis, mudah dijangkau, yakni hanya berjarak 10 kilometer dari Makassar atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan kendaraan. Di lokasi ini, selain sarana permandian langsung di bibir pantai, pengunjung juga dapat menikmati sarana kolam renang.

Salah satunya adalah kolam renang Bintang yang terletak di Kelurahan Boddia, Kecamatan Galesong. Tiketnya terbilang murah, yakni Rp 10.000 per orang.

"Enak di sini karena (merupakan) kolam renang air tawar baru di pantai," kata Erlina, salah seorang pengunjung asal Kabupaten Maros.

Pengunjung juga dapat menyaksikan ratusan kepiting yang membuat sarang di pasir putih yang bersih.

"Dari tahun ke tahun, kami memang berupaya menarik minat masyarakat. Sebab, banyak obyek wisata yang belum diketahui oleh publik, yang keindahannya tidak kalah dengan yang lain," ujar Mustakim Daeng Nialang, Lurah Galesong.

Pesisir Pantai Galesong sendiri telah dikenal sejak abad ke-15. Pesisir itu dulu menjadi tempat berlabuh ribuan perahu militer milik armada angkatan laut Kerajaan Gowa yang pernah sangat berjaya.

Pesisir pantai ini pula yang menjadi saksi bisu sengitnya perang laut antara tentara VOC Belanda dan pasukan Kerajaan Gowa yang berakhir dengan Perjanjian Bungaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com