Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Suka Buang Sampah ke Sungai, Restoran Diberi Peringatan

Kompas.com - 14/08/2014, 17:58 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com — Bupati Kendal Jawa Tengah, Widya Kandi Susanti, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sungai yang ada di Kendal, Kamis (14/8/2014), dan menemukan banyak sungai yang dipenuhi sampah rumah tangga dan sampah dari rumah makan.

Salah satu rumah makan yang diperingatkan adalah Rumah Makan (RM) Aldila Resto. Pasalnya, di samping rumah makan tersebut adalah sungai yang dipenuhi sampah yang diduga buangan dari rumah makan yang terletak di Jalan Arteri Soekarno-Hatta itu.

“Sampah-sampah yang ada di sungai ini sangat mengotori dan bisa mengakibatkan banjir. Apalagi, sebentar lagi akan datang musim hujan,” kata Widya.

Untuk itu, tambah Widya, pihaknya akan meminta kepada Dinas Bina Marga untuk melakukan pendataan sungai-sungai yang tercemar.

“Saya sebenarnya sudah pernah memperingatkan rumah makan tersebut supaya tidak membuang sampah di sungai yang ada di sebelahnya. Namun, sekarang diulangi lagi. Ini tidak bisa dibiarkan, dan harus ditindak tegas dengan memberikan denda dan sanksi,” tuturnya.

Widya juga meminta kepada UPTD Wilayah 1 Dinas Bina Marga Kendal untuk meminta keterangan dan pertanggungjawaban dari pemilik RM Aldila Resto. Pasalnya, sepanjang Kali Buntu Kendal sudah tercemar.

Sementara itu, Kepala UPTD 1 Dinas Bina Marga Kendal Yusuf Irmawanto mengatakan, dari data yang dimilikinya, selain Kali Buntu, sungai lain yang dipenuhi sampah adalah Patebon, Pegandon, dan sepanjang rumah di bantaran sungai di Kendal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com