Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pastikan Jasad TKI di Oman Tak Terjangkit Ebola

Kompas.com - 14/08/2014, 17:02 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


SALATIGA, KOMPAS.com - Polisi memastikan jasad Sariyem (39) binti Sawi, TKI asal Serang Banten yang meninggal di Oman, tidak terinfeksi virus ebola. Jasad Sariyem baru tiba ditempat kelahirannya di Dusun Tuk Songo, Desa Krandon Lor, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Kamis (14/8/2014) siang, untuk dimakamkan di TPU setempat.

Sariyem meninggal di Oman, 17 Juli lalu, karena mengalami kecelakaan kerja (baca juga: Setelah Meninggal Sebulan di Oman, Jasad TKI Baru Tiba di Salatiga).

Humas Polsek Suruh, Bripka Catur Evan Andiyanto, mengatakan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Puskesmas Suruh telah mengantongi hasil forensik dari rumah sakit di Oman yang diterima dari KBRI menyebutkan bahwa Sariyem steril dari virus menular.

"Hasil forensik dari RS (Oman) yang ditandatangani Dr Nevine Michel Mahanny dikeluarkan pada 12 Agustus 2014 menyebutkan (korban) tidak terinfeksi virus menular," kata Evan.

Sariyem yang saat ini ber-KTP sesuai alamat suaminya di Kampung Dermayon, RT 4 RW 4 Pamengkang, kecamatan Kramatwatu, Serang Banten diketahui berangkat ke Oman melalui PT VIM Anugerah perkasa, yang beralamat di Jl Amd X. No 51 Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur pada 27 Januari 2013 lalu.

Menurut Sekretaris Desa Krandon Lor, Mudhofir, selain Sariyem, ratusan warganya saat ini mengadu nasib sebagai TKI di sejumlah negara.

"Selain di Timur Tengah, ada juga yang ke Malaysia, Jepang, Taiwan dan Korea. Bahkan ada yang di Amerika. Yamg rimahnya bagus-bagus disini rata-rata TKI," kata Mudhofir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com