Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Wisata 'Bandros' Tahap II Diluncurkan Lagi

Kompas.com - 14/08/2014, 14:10 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak lima unit bus wisata unik yang dikenal dengan nama Bandung Tour on the Bus (Bandros) II akan diluncurkan kembali bertepatan pada HUT Kota Bandung tahun 2014.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Herlan Djoerliawan mengatakan, bus Bandros II diluncurkan kembali setelah mengantongi izin jalan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung.

"Dari hasil evaluasi, bus Bandros II akan diluncurkan pada saat ulang tahun Kota Bandung. Nanti langsung beroperasi," kata Herlan di Bandung, Kamis (14/8/2014).

Herlan menambahkan, lima unit bus Bandros tersebut bakal sedikit tampil berbeda dengan model pertama yang dijadikan prototipe. "Kali ini warnanya banyak, disesuaikan dengan sponsor. Kalau dulu kan cuma merah saja, tapi warnanya tetap centil," kata Herlan.

Selain itu, bus-bus bandros baru diupayakan lebih pendek dari sebelumnya. Menurut dia, hal tersebut demi menghindari kabel-kabel listrik saluran udara yang banyak melintang di jalan-jalan Kota Bandung.

"Lalu kita lengkapi juga ada megatron dan running text. Kalau kendala semacam kabel dan pohon tinggal dikoordinasikan dengan Telkom dan Dinas Pemakaman dan Pertamanan," ungkap dia.

Lima unit bus Bandros tersebut, kata Herlan, akan memenuhi target hingga akhir tahun 2014. Kemudian, pada pertengahan 2015, sebanyak 20 hingga 30 unit, bus Bandros diharapkan bisa seliweran di Kota Bandung.

Untuk pengadaan bus wisata itu, Pemkot Bandung akan menawarkan kepada calon investor dan sponsor. "Tapi kita akan upayakan dari non APBD dulu. Sudah ada tawaran dari pihak yang ingin mengelola Bandros," kata dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com