Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi Prabowo-Hatta Telat, KPU Bandar Lampung Tunda Buka Kotak Suara

Kompas.com - 12/08/2014, 17:48 WIB
Angger Putranto

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Agenda KPU Kota Bandar Lampung untuk membuka kotak suara tertunda sekitar 3 jam. Penundaan tersebut terjadi karena saksi dari kubu Prabowo Hatta belum datang.

Sekretaris KPU Kota Bandar Lampung Zainuddin ketika ditemui di Kantor KPU Kota Bandar Lampung, Selasa (12/8) mengatakan, awalnya pembukaan kotak suara direncanakan pada pukul 13.00.

"Kami masih menunggu saksi dari tim prabowo-hatta. Sudah tiga jam lebih juga belum datang," ujar dia.

KPU Bandar Lampung, lanjut Zainuddin, sebenarnya telah mengirimkan surat undangan tertulis dan sudah menghubungi saksi dan sejumlah pengurus partai pendukung prabowo untuk hadir dalam pembukaan surat suara.

Saat ditelepon pihak KPU Bandar Lampung, saksi Prabowo menjanjikan akan hadir dan meminta agar ditunggu. Tanpa dihadiri saksi, sebenarnya KPU Kota Bandar Lampung tetap bisa melakukan pembukaan kotak suara karena Panwas, pihak kepolisian, awak media, saksi Jokowi-JK dan komisioner KPU sudah hadir.

Namun saksi Jokowi- JK mengusulkan agar KPU Bandar Lampung menunggu saksi Prabowo-Hatta.

"Dari pada nanti dipermasalahkan lagi dan jadi tambah panjang, lebih baik kita tunggu saja," ujar saksi kubu Jokowi-JK, Tunas Lukito.

Pembukaan kotak suara ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi MK dan KPU RI yang meminta agar dilakukan pencermatan data pemilih. Di Bandar Lampung, Prabowo-Hatta unggul tipis dengan perolehan 243.525 suara sedangkan Jokowi-JK 240.477 suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com