Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau ISIS Tak Mau dengan Pancasila, Pergi Saja dari Negara Ini"

Kompas.com - 11/08/2014, 19:12 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, seperti Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), berunjuk rasa di depan kantor pemerintah kabupaten setempat, Senin (11/8/2014).

Mereka menyatakan menolak keberadaan gerakan Negara Islam Irak dan Syuriah (ISIS) di Indonesia.

“Gerakan ISIS bertentangan dengan asas Negara kita, Pancasila, yang menghargai dan menjunjung tinggi sebuah perbedaan,” ujar Ketua Pemuda Pancasila Jember, Abdul Arif Ismail, Senin (11/8/2014).

Menurut Anang, keberadaan ISIS juga mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang telah dibangun dengan perjuangan besar oleh para pendiri bangsa.

“Mereka siapa? Seenaknya sendiri mau memaksakan Negara Islam di Negara ini. Semua elemen bangsa sudah sepakat, jika Pancasila adalah asas tunggal. Kalau mereka tidak mau dengan Pancasila, pergi saja dari negeri ini,” tegas dia.

Massa juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Jember, untuk segera mengambil langkah konkrit untuk mengantisipasi munculnya gerakan ISIS.

“Pemkab jangan hanya tinggal diam, segera ambil langkah. Kumpulkan semua elemen masyarakat, termasuk aparat keamaanan, karena di semua daerah berpotensi muncul gerakan ISIS,” pintanya.

Setelah berorasi di depan kantor pemkab setempat, massa kemudian bergerak ke kantor DPRD Jember. Dari pantauan di lapangan, aksi tersebut mendapat pengawalan ketat aparat keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com