Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Rapat ISIS Digelar di Senggigi Lombok

Kompas.com - 11/08/2014, 18:24 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com — Kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi sasaran kegiatan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
 
"Sudah ada beberapa yang melakukan rapat atau pertemuan-pertemuan di wilayah Senggigi, Lombok Barat," kata Kapolres Lombok Barat AKBP Yulianus Yulianto, Senin (11/8/2014).
 
Menurut Yulianus, pihaknya telah mendeteksi adanya indikasi orang per orang yang menggabungkan diri dengan kelompok ISIS di wilayah Lombok Barat. Sampai sekarang pun, personil intelijen dari kepolisian masih melakukan pemantauan pada kelompok ini.
 
Selain itu, pihaknya juga sudah menggali informasi serta mengumpulkan berbagai keterangan terkait pertemuan-pertemuan yang dilakukan di kawasan Senggigi. Namun, pihaknya belum mau menjelaskan apakah pertemuan terjadi di rumah penduduk atau di hotel.

"Kami terus pantau kegiatan mereka," katanya.
 
Sementara itu, terkait kekhawatiran bahwa gerakan ISIS dapat mengganggu kegiatan pariwisata di Senggigi, Yulianis mengaku, pihaknya hanya sebatas melakukan pemantauan dan pengamanan di wilayah ini.
 
"Kami hanya sifatnya memantau, personel kami sudah melakukan patroli secara rutin, termasuk pemeriksaan di pagi maupun malam hari," kata Yulianus.
 
Yulianus berharap, dengan berbagai imbauan baik dari pemerintah maupun kepolisian, masyarakat tidak mudah terpengaruh karena pemerintah pusat sudah melarang keberadaan kelompok ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com