Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Raya di Perbatasan RI-Timor Leste Rawan Longsor

Kompas.com - 31/07/2014, 23:29 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan di perbatasan Indonesia dan Timor Leste di Desa Faennake, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, rawan longsor meski sudah sering diperbaiki. Kondisi itu membuat para pengendara kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun empat terancam keselamatannya terancam ketika melintas di jalan negara itu.

Pelaksana Tugas Kepala Desa Faennake, Yulius Lake, S.Pd, kepada Kompas.com, Kamis (31/7/2014) mengatakan, jalan tersebut selalu mengalami longsor ketika musim hujan karena konstruksinya persis di pinggir tebing.

“Tiap tahun memang sering longsor dan selalu diperbaiki sehingga kita sedang berembuk dengan pihak PU (Dinas Pekerjaan Umum) untuk mencari jalan alternatif yang lebih kuat dan jauh dari longsor,” kata Yulius.

Menurut Yulius, terdapat tiga titik ruas jalan raya di wilayah desanya yang selalu mengalami longsor yakni di Bua Taen, Kiu Makono, dan Nak Ana.

”Jalannya bagus dan hotmix tetapi sayangnya sering longsor,” ujar Yulius.

Yulius pun berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk mencari jalan keluar sehingga persoalan tersebut bisa diselesaikan. Untuk diketahui jarak antara ruas jalan yang rusak dengan batas negara Indonesia dan Timor Leste hanya satu kilometer saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com