Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H 3, Arus Balik yang Lintasi Cirebon Melonjak Drastis hingga 1.000 Persen

Kompas.com - 31/07/2014, 22:40 WIB

CIREBON, KOMPAS.com — Kendaraan arus balik yang melintas jalur utama pantura Cirebon, Jawa Barat, pada H+3 Idul Fitri 1435 H melonjak drastis hingga 1.000 persen atau sebanyak 76.000 kendaraan roda dua dan empat. Pada H+1, arus balik hanya 7.000 kendaraan.

Kasat Lantas Polres Cirebon AKP Erwin Syah menyebutkan, volume arus balik melonjak drastis pada Kamis (31/7/2014) siang. Bahkan, sempat terjadi kemacetan lalu lintas di Pintu Keluar Tol Tegal Karang, Tol Palimanan-Kanci, Cirebon.

"Lonjakan arus balik tersebut tercatat sejak pagi hingga Kamis sore sekitar pukul 17.00 WIB. Sebanyak 76.000 kendaraan roda dua dan roda empat melaju dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta," kata Erwin saat ditemui di Pintu Keluar Tol Tegal Karang, Kamis.

Erwin mengungkapkan, sebagian kendaraan roda empat tercatat masuk dari Pintu Masuk Tol Mertapada yang masuk dari Tol Pejagan-Jawa Tengah, dan dari jalur utama pantura Losari, untuk yang tidak masuk tol.

Ia memprediksi, lonjakan arus balik akan terjadi pada 1-3 Agustus atau Jumat-Minggu besok. Tidak menutup kemungkinan, akan terjadi kemacetan panjang di titik pertemuan dua arus, yakni Pintu Keluar Tol Tegal Karang dan jalur utama pantura non-tol. (Muhamad Syahri Romdhon)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com