Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip dari Dekat Kediaman Pribadi Jokowi

Kompas.com - 31/07/2014, 16:22 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memiliki rumah yang asri dan nyaman di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah. Saat Kompas.com bertamu ke rumah pribadi presiden terpilih periode 2014-2019, beberapa waktu lalu, ruang keluarga Jokowi hanya diisi oleh sedikit barang.

Ada sebuah sofa panjang yang dirapatkan ke tembok, sebuah meja kayu jati di tengah dan selembar karpet dengan dua buah bantal di atasnya.

Di salah satu sisi terlihat lemari raksasa berisi ratusan jenis buku. Di tembok sisi lain tampak hanya diisi lukisan kecil. Sementara di sisi lainnya terlihat meja kecil dengan perangkat pemutar piringan hitam antik. Sketsa wajah Jokowi, yang dibuat dengan goresan pensil, menjadi latar belakang dinding tersebut.

Kompas.com berkeliling ke sejumlah ruangan, mulai dari ruang tamu, ruang makan, hingga pendapa di halaman belakang yang bersisian dengan kolam renang. Tidak tampak ada televisi di ruangan-ruangan itu.

"Ini memang permintaan Pak Jokowi sendiri," ujar Antok, kakak istri Jokowi, Iriana.

"Yang namanya ruang keluarga ya ruangan untuk kumpul-kumpul keluarga. Jadi tidak ada televisi. Televisi hanya ada di kamar masing-masing," sambung dia.

Tembok batu

Rumah Jokowi berdiri di lahan sekitar 700 meter persegi, persis berada di perempatan jalan kompleks. Sekeliling rumah itu ditutup tembok berbahan batu setinggi tiga meter. Gerbang masuk pun dibuat tinggi dan padat agar tidak terlihat dari luar.

Fabian Januarius Kuwado Joko Widodo dan Iriana saat menghabiskan waktu santai di rumahnya di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Begitu melewati gerbang masuk, jalan setapak dikelilingi rumput dan sejumlah tanaman hias menyambut. Di ujung jalan setapak terdapat sumur.

Dari kondisinya, sumur itu tampak tak digunakan lagi. Dilihat dari jalan setapak, rumah hasil nyicil itu tampak apik lantaran paduan antara gaya minimalis dan unsur etnik di interiornya.

Kesan asri, nyaman, dan santai kental terasa begitu masuk ke dalam rumah. Ruang tengah Jokowi diisi oleh sedikit sofa dan sebuah meja kayu jati. Sisanya, hanya karpet dengan dua buah bantal besar untuk lesehan.

Di salah satu temboknya terdapat lemari raksasa, tempat menyimpan berbagai buku. Sejumlah barang antik, misalnya piringan hitam, melengkapi keasrian dalam rumah tersebut.

Bersebelahan dengan ruang keluarga tersebut terdapat ruang makan dengan meja berpelitur gelap panjang. Background ruang makan itu sebuah lukisan yang mengisahkan bagaimana Jokowi blusukan.

Ruangan shalat melengkapi ruang makan tersebut. Ruang makan tersambung lagi dengan sebuah pintu ke halaman belakang. Taman kecil serta pendapa serba kayu lengkap dengan kolam renang kecil terdapat di sana. Kata Jokowi, kolam renang jarang digunakan. Jika di rumah tak ada orang, air kolam renang dikosongkan dan baru diisi lagi jika ada tamu datang.

Kompas.com/Fabian Joko Widodo dan Iriana mengurus anggrek di halaman belakang rumahnya di Solo, Jawa Tengah.
Setidaknya, 10 ekor burung, mulai dari burung parkit, jalak, perkutut, hingga cucok rowo, serta dua ekor ayam meramaikan suasana jika beraktivitas di halaman belakang itu. "Ini, istri saya suka nongkrong di pasar burung dekat sini. Tapi dia sukanya beli-beli yang murah-murah," ujar Jokowi.

"Kalau saya di Jakarta, ya rumah ini hanya istri dan anak-anak saya yang di Solo saja yang nempatin. Kadang-kadang rindu juga," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com