Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Warga, Lima Rumah Dibakar, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 31/07/2014, 08:30 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Pemuda pengangguran mencuri motor di masjid pada Rabu malam, tewas dikeroyok warga. Kejadian ini berdampak hingga berujung pada bentrok antarkampung di Pekon Sukaraja, Tanggamus, Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan, bentrok antarwarga itu mengakibatkan satu orang tewas, dan lima rumah dan sejumlah kendaraan motor dan mobil terbakar.

"Awal tempat kejadian perkara pencurian motor di Masjid Pekon Tugu Papak pada saat sholat Maghrib, pelaku bernama kudai (27), pengangguran," kata Sulis, pada Kamis (31/7/2014).

Dia tertangkap tangan oleh warga Pekon Sukaraja. Massa yang melihat kejadian tersebut ikut memukul sehingga terjadi salah paham antarwarga.

"Ternyata orang yang dipukul itu juga membawa massa dari Pekon Karang Agung, Pekon Padawaras, Pekon Way Kerap dan Bandar Negeri Semoung, berjumlah sekitar 500 orang," kata dia.

Mereka datang ke TKP dan membakar rumah salah satu warga pengepul hasil bumi lada, yang kebetulan dekat lokasi kejadian. Namun, api menjalar hingga membakar lima rumah lainnya.

"Massa dapat ditenangkan setelah aparat polres dan polsek menggalang semua potmas untuk meredam aksi anarkis dan di-back up oleh satu Dalmas dan Brimob yang datang ke lokasi," ujar dia.

Hingga pagi ini, kondisi aman terkendali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com