Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kedua Lebaran, Pemudik Masih Padati Jalur Selatan

Kompas.com - 29/07/2014, 17:18 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Hari kedua Lebaran jalur Selatan via Tasikmalaya masih dipadati para pemudik tujuan beberapa kota Jawa Tengah sejak malam tadi sampai Selasa (29/7/2014) sore ini.

Kepadatan kendaraan bernomor polisi luar daerah dari arah Barat ke Timur, masih terlihat di jalur utama Bandung-Limbangan-Tasik, maupun jalur alternatif Garut-Singaparna-Tasik.

Salah seorang pemudik asal Jakarta, Hartono (32), mengaku memilih mudik setelah hari Lebaran untuk menghindari kemacetan di jalan. Ia bersama keluarganya yang mudik memakai mobil hendak pergi ke kampung halamannya di Yogyakarta.

“Tadinya sengaja mudik setelah Lebaran supaya tidak macet, soalnya lihat di berita-berita jalur Pantura dan Selatan pada macet karena ada jembatan rusak. Eh, ternyata orang-orang juga pada mudik sekarang, akhirnya begini masih macet,” jelas Hartono saat beristirahat di sebuah kedai makanan di wilayah Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Selasa sore.

Menurut Hartono, kepadatan kendaraan di beberapa kota seperti perbatasan Bandung-Garut, dan Garut-Tasik, akibat banyaknya aktivitas warga saat Lebaran. Apalagi saat memasuki wilayah pusat kota di Garut dan Singaparna, kendaraannya terjebak kemacetan akibat tumpleknya kendaraan lokal di beberapa lokasi pusat perbelanjaan.

“Kalau tadi sempat macetnya di Garut, Singaparna dan di sini (Jalur Singaparna-Mangkubumi-Tasik, red). Kalau setelah Jakarta, paling memasuki wilayah Bandung tadi ada juga macet sama,” kata Hartono.

Sementara, di jalur Tasikmalaya utara kepadatan kendaraan masih terjadi di wilayah Rajapolah. Apalagi sepanjang jalur yang dilintasi pemudik terdapat pusat perbelanjaan kerajinan khas Tasikmalaya di sepanjang jalur yang dilintasi pemudik.

Terlihat beberapa kendaraan luar daerah mendominasi lokasi parkir di kawasan tersebut. Laju kendaraan yang hendak melintas pun sempat tersendat akibat masuk dan keluarnya kendaraan di lokasi parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com