Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takbir Akbar, Ribuan Umat Muslim di Ambon Turun ke Jalan

Kompas.com - 27/07/2014, 22:05 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ribuan umat muslim di Kota Ambon turun ke jalan-jalan di pusat kota sambil mengumandangkan takbir tahlil dan tahmid untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 hijriah yang jatuh pada Senin (28/7/2014) besok.

Ribuan warga yang datang dari berbagai penjuru kota itu bertakbir sambil berjalan kaki di sejumlah jalan, seperti di Jalan AY Patty, Jalan Sultan Babulah, Jalan AM Sangadji, kawasan Tugu Trikora dan sejumlah kawasan lainnya.

Ribuan warga bertakbir di jalan sambil mengenakan baju Palestina berbagai motif. Warga juga mengenakan surban dan membawa bendera Merah Putih. Demi mengamankan takbir akbar tersebut, ribuan aparat gabungan TNI Polri bersenjata lengkap disiagakan di sejumlah kawasan di Kota Ambon.

Aparat bahkan menutup sejumlah jalan untuk menghindari kemacetan. Kepala Polda Maluku, Brigjen Murad Ismail, juga terlihat turun ke jalan untuk mengawasai langsung situasi malam takbiran di Kota Ambon.

Sebelumnya, sejumlah pimpinan daerah di Maluku seperti Gubernur Maluku, Wakil Gubernur Maluku, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon beserta seluruhh tokoh agama juga hadir dalam acara gema takbir yang dilaksanakan Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI).

Hingga berita ini diturunkan ribuan warga masih memadati sejumlah kawasan di Kota Ambon sambil mengumandangkan takbir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com