Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Kementerian PU Bangun Jembatan Sementara di Cibaruyan

Kompas.com - 24/07/2014, 22:33 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) membangun jembatan sementara di atas Jembatan Cibaruyan, Ciamis, yang fondasinya ambrol pada malam ini, Kamis (24/7/2014). Langkah ini upaya jalur mudik utama Tasik-Ciamis bisa cepat dibuka kembali sekaligus mengurai kemacetan.

“Yang kita kerjakan sekarang ini adalah jembatan sementara, supaya jalan ini bisa cepat dilalui. Tapi jembatan ini nantinya hanya bisa dipakai satu arah saja,” kata Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional IV Direktorat Jenderal Binamarga Kementerian PU, Bambang Hartadi, di lokasi Jembatan Cibaruyan, Kamis malam.

Menurut Bambang, kekuatan jembatan yang dirangkai di atas sepanjang Jembatan Cibaruyan ini bisa menahan beban sampai 8 ton. Sehingga kendaraan pribadi, truk dan bus nantinya bisa melintasi jembatan sementara ini.

“Asal jangan dilintasi trailer lah, terlalu berat. Kalau mobil biasa, truk dan bus masih bisa aman melintas di jembatan ini,” kata Bambang.

Dalam pengerjaan jembatan sementara ini, Bambang mengaku pihaknya dibantu oleh pekerja dari Balai PU Tasikmalaya. Pihaknya menargetkan jembatan sementara dengan lebar empat meter dan panjang sekitar 30 meter ini akan selesai Sabtu (26/7/2014). Sehingga arus mudik melalui jalur selatan tak akan terganggu.

“Kami dibantu Balai di Tasik. Target kami Sabtu besok sudah selesai dan bisa dipakai lintasan,” tambah Bambang.

Di lokasi Jembatan Cibaruyan malam ini terlihat puluhan pekerja sedang merangkai jembatan sementara dengan cara pengelasan. Rangkaian jembatan menggunakan besi beton dibantu alat berat selain pengelasan yang dilakukan pekerja secara manual.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Cibaruyan, Ciamis, ambrol dan tidak bisa dilalui kendaraan pemudik akibat aspal jalan telah retak dan rawan amblas. Jalur utama mudik Selatan Jawa melalui Ciamis pun ditutup total, dan seluruh kendaraan dialihkan ke beberapa jalan alternatif di kawasan Kota Tasikmalaya.

Kondisi ini membuat kemacetan panjang akibat adanya penumpukan kendaraan di wilayah Kota Tasikmalaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com