Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Bicara, Keluarga Jokowi di Solo Kompak Tutup Mulut

Kompas.com - 23/07/2014, 15:23 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Kemenangan Joko Widodo menjadi presiden terpilih pada Pemilu Presiden 2014 membuat keluarga besarnya di Solo, Jawa Tengah, menjadi sasaran wartawan untuk dimintai komentar terkait kemenangan itu.

Sikap menolak memberikan keterangan kepada media seakan seragam dilakukan oleh semua kerabat Jokowi di Solo. Begitu juga dengan Sudjiatmi Notomihardjo, ibunda Jokowi, yang enggan memberikan keterangan apa pun terkait kemenangan putranya. Padahal, selama ini, wanita itu terkenal terbuka dengan awak media.

Kali ini, Sudjiatmi lebih memilih mengajak wartawan untuk buka bersama pada hari Senin kemarin meskipun sudah seharian pekerja media menunggu di rumahnya.

Sikap yang sama juga didapati saat Kompas.com mencoba mewawancarai Miyono, kakak dari Sudjiatmi, di rumahnya di Gondang, Banjarsari, Solo. Setelah sempat merancang hari untuk wawancara pada hari ini, Rabu (23/7/2014), Miyono memberitahukan tidak bisa memberikan keterangan apa pun dengan alasan dilarang Jokowi.

Saat ditanya lebih lanjut, Miyono menjelaskan, situasi saat ini masih rawan apabila asal memberikan keterangan terhadap media, apalagi sikap Prabowo yang belum tenang. "Maaf sekali Mas, saya belum bisa memberikan keterangan apa pun karena dilarang. Situasinya masih belum jelas," kata dia saat ditemui wartawan.

Sementara itu, situasi rumah Sudjiatmi pun tampak sepi. Tidak ada aktivitas apa pun. Ini berbeda dengan hari sebelumnya. Saat itu, banyak wartawan dan warga serta kerabat yang berkumpul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com