Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wafat, Mantan Rektor Undip Sempat Beberapa Hari Terbaring di ICU

Kompas.com - 23/07/2014, 00:31 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Mantan Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof Eko Budihardjo, meninggal dunia pada Selasa (22/7/2014) pukul 21.30 WIB. Beliau meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat dr Kariadi, Semarang.

"Sudah sejak Sabtu (19/7/2014) dirawat di Kariadi," kata Direktur Umum dan Operasional RSUP dr Kariadi, Semarang, Darwito, saat dihubungi pada Selasa malam. Sejak menjalani perawatan, dia mengatakan, Eko sudah langsung dirawat di intensive care unit (ICU).

"Langsung di ICU ya karena sudah butuh ventilator, hingga tadi ini meninggal pukul 21.30 WIB," sebut Darwito. Eko meninggal dalam usia 70 tahun karena serangan jantung.

Selain dikenal sebagai pakar arsitektur dan perkotaan, sosok Eko juga dikenal sebagai budayawan dengan puisi-pusinya yang bagus.

Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P Hadi mengatakan, Eko sebelumnya juga sempat dirawat di RS St Elisabeth dan kemudian dipindahkan ke ruang ICU RSUP dr Kariadi.

Sudharto akan turut mengurus pemberangkatan jenazah Eko dari rumah sakit menuju rumah duka di Jalan Telaga Bodas Raya Kav I Nomor 4, Semarang. Rencananya, Eko akan dikebumikan pada Rabu (23/7/2014) siang.

"Untuk rencana pemakaman besok, akan berkoordinasi dulu dengan pihak keluarga," imbuh Sudharto. Dia pun bertutur sempat dua kali menjenguk Eko, baik di RS St Elisabeth maupun di RS dr Kariadi.

Universitas Diponegoro, kata Sudharto, jelas sangat kehilangan sosok guru besar, mantan rektor, dan juga budayawan yang humanis ini. Beragam karya lahir dari almarhum.

Eko meninggalkan seorang istri, Sudanti Hardjohoebojo, serta dua putri, Holy Ametati S dan Aretha Aprilia ST.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com