Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Comal Ambles, 3 Jalur Ini Jadi Alternatif Pemudik

Kompas.com - 21/07/2014, 16:46 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan menyiapkan tiga jalur alternatif menyusul amblesnya Jembatan Comal, Pemalang, Jumat (18/7/2014) dini hari sekitar pukul 02.20 WIB.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, jembatan tersebut saat ini tengah diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum bersama TNI, pada sisi utara. Sementara jembatan Comal pada sisi selatan belum diperbaiki.

Perbaikan ini diperkirakan bisa diselesaikan pada H-3, dan ditargetkan pada saat itu sudah bisa dilalui kendaraan ringan, dan tidak untuk dilalui kendaraan berat. Setelah rampung perbaikan pada H-3, jembatan Comal sisi utara bisa dilalui arus mudik.

Namun demikian, sekarang ini Kementerian Perhubungan juga sudah menyiapkan alternatif jalur mudik. Alternatif pertama adalah jalan-jalan Kabupaten yang berlebar 4 meter. Jika melalui alternatif pertama ini, pemudik akan berputar sekitar 20 kilometer.

“Pertama yang lokal, yang boleh melalui kendaraan kecil. Macet? Pasti macet. Sekarang sedang diatur dengan koordinasi lebih baik satu arah, dan sebagainya sehingga itu bisa dilalui dengan lebih enak,” kata Bambang, di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (21/7/2014).

Adapun alternatif kedua adalah jalur tengah, yang melewati Wonosobo-Temanggung, dan seterusnya. Bambang mengatakan, alternatif kedua ini pemudik harus berputar 80 kilometer.

“Alternatif ketiga, memang benar-benar mengalihkan lewat jalur lintas selatan. Untuk kendaraan berat lewat selatan,” imbuhnya.

Beberapa hari lalu, jembatan di Comal juga sudah ambles sedalam 20 cm, tetapi masih dapat dilalui kendaraan. Kini, menjelang datangnya arus mudik Lebaran tahun ini, jalur pantura menjadi terhambat.

Pengendara diarahkan ke selatan, begitu pun mereka yang dari arah sebaliknya. Aparat dari Polres Pemalang sudah ditugaskan untuk mengatur arus lalu lintas dan mengarahkan pengendara ke jalur alternatif menuju Pekalongan.

Petugas Direktorat Bina Marga juga disebutkan sudah berada di lokasi. Saat ini, jalur alternatif yang hanya bisa dilalui dari arah Jakarta yaitu melewati Ujung Gede ke arah selatan melewati Mapolsek Bodeh dan di pertigaan mengambil arah kiri.

Sementara itu, dari arah Pekalongan di pertigaan Comal Blandong, pengendara bisa mengambil arah selatan sampai Mapolsek Bodeh, lalu mengambil arah kanan dan mengikuti petunjuk arah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com