Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Arus Mudik Lebaran, Ada 2 Gerbong KA Khusus bagi Pemudik Difabel

Kompas.com - 19/07/2014, 06:42 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia Derah Operasi IV Semarang menyiapkan dua gerbong Kereta Api Menoreh Lebaran khusus bagi penyandang disabilitas. Dua gerbong itu masuk dalam 10 gerbong KA Menoreh yang telah diluncurkan pada Jumat (18/7/2014).

“Ada dua gerbong yang kami siapkan khusus bagi kaum difabel. Satu gerbong isinya 64 tempat duduk. Sementara gerbong biasa isinya 80 tempat duduk,” ujar Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Wawan Ariyanto, Jumat. Menurut dia, penyediaan dua gerbong khusus ini merupakan respons atas kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Wawan mengatakan, penyediaan fasilitas khusus semacam ini penting dilakukan agar para kaum difabel juga bisa terlayani dengan baik ketika menumpang kereta api. “Di dua gerbong itu, kamar mandi khusus kaum difabel disediakan cukup luas, berbeda dengan kamar mandi lainnya. Gerbongnya sama, tetap AC ekonomi biasa,” kata dia.

KA Menoreh Lebaran diluncurkan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik Lebaran 2014. Tambahan kereta adalah KA Menoreh 2 untuk jurusan Semarang Tawang – Jakarta Pasar Senen, dengan kapasitas penumpang antara 780 sampai 800 penumpang sekali jalan.

Tarif KA ini bervariasi, antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Meski baru diluncurkan pada Jumat, tiket dari stasiun pemberangkatan Jakarta sudah habis dipesan, tetapi tiket dari stasiun pemberangkatan Semarang masih banyak tersedia.

Sebaliknya, tiket untuk perjalanan arus balik Lebaran dari Semarang sudah habis dipesan. “Itu karena penjualan kami sudah sejak tiga bulan sebelumnya,” kata Wawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com