Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Staf Pemda Tak Terkejut dengan Penangkapan Bupati Karawang

Kompas.com - 18/07/2014, 16:23 WIB
Jessi Carina

Penulis


BEKASI, KOMPAS.com — Staf Pemerintah Kabupaten Karawang mengaku tidak heran dengan penangkapan terhadap Bupati Karawang Ade Swara oleh tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (17/7/2014) malam. Dugaan korupsi yang dilakukan oleh Ade Swara bukanlah isu baru.

"Sudah menebak, suatu saat akan ditangkap. Malah katanya seharusnya ditangkap tiga tahun lalu," ujar salah seorang anggota satpol PP, Mul, di lobi kantor Bupati Karawang, Jumat (18/7/2014).

Mul mengaku sudah mendengar kabar rencana penangkapan Ade Swara sejak tiga tahun lalu. Namun, penangkapan itu baru terjadi tahun ini. Menurut dia, hal ini karena masa jabatan Ade Swara yang sebentar lagi akan habis pada tahun 2015.

"Kalau ditangkapnya tiga tahun lalu, kan jadi lama kekosongan jabatannya," ujarnya.

Mul menjelaskan, Bupati Ade Swara dikenal sebagai bupati yang kurang banyak berperan terhadap pembangunan kota. Ia juga lebih dikenal sebagai sosok pendiam. Andil besar justru datang dari istri Ade Swara, Latifah, yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Karawang.

Selama bertugas, Mul sering kali bertemu dengan orang yang ingin mengurus perizinan. Namun, orang-orang tersebut malah bertemu langsung dengan Ade Swara untuk hal ini.

"Padahal kan ada tahapannya, ya. Tidak langsung ke bupati," ujar Mul.

Hal senada diucapkan oleh staf salah satu kelurahan di Kabupaten Karawang, Irawan. Irawan pun mengatakan, penangkapan terhadap Bupati Karawang bukan hal yang mengagetkan.

Irawan juga menilai Ade Swara adalah sosok pendiam. Senada dengan Mul, Irawan juga menganggap andil istri Ade Swara lebih besar dalam beberapa kebijakan.

"Pak Ade sih orangnya diem. Kalem," kata Irawan.

Sebelumnya, setelah diburu tim penyelidik KPK sejak Kamis sore, Bupati Karawang Ade Swara akhirnya ditangkap di rumah dinasnya pada Jumat dini hari.

Tidak ada aktivitas di kantor Bupati Karawang pasca-penangkapan Ade Swara. Gedung bernama Singa Perbangsa tempat Ade Swara bertugas sudah dalam keadaan terkunci sejak Jumat pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com