Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Didukung Ratusan Kades, Jokowi Kalah Telak di Bondowoso

Kompas.com - 17/07/2014, 16:22 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com — Meski didukung ratusan kepala desa, pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) kalah telak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu presiden dan wakil presiden yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, pasangan Jokowi-JK hanya memperoleh 175.467 suara atau 39 persen.

Sementara itu, rivalnya, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dengan perolehan 270.778 atau 61 persen. "Kami sangat bersyukur dengan hasil tersebut. Kemenangan Bapak Prabowo merupakan kemenangan rakyat Bondowoso dan rakyat Indonesia," ujar Koordinator Gerakan Santri untuk Pemenangan Prabowo (GSPP) Bondowoso, Syaiful Bahri, Kamis (17/7/2014).

Dia mengaku tidak mudah untuk memperoleh angka sebesar itu. Sebab, diperlukan kerja keras untuk turun ke masyarakat dan menyosialisasikan sosok Prabowo Subianto. "Alhamdulillah karena Pak Prabowo didukung banyak kiai dan alim ulama, akhirnya masyarakat juga ikut mendukung beliau," kata adik ipar Bupati Bondowoso ini.

Sebelumnya, ratusan kepala desa dan perangkat di Kabupaten Bondowoso mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Jokowi- JK. Deklarasi itu dilakukan di hadapan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Imam Nahrawi, Senin (23/6/2014) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com