Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar Usulkan Libur Lebaran Diperpanjang

Kompas.com - 15/07/2014, 19:02 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku mendapat usulan dari berbagai pihak agar libur bersama Lebaran diperpanjang.

Hal itu diungkapkan Heryawan seusai menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya 2014 dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/7/2014).

Kendati demikian, kata Heryawan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak mempunyai kewenangan untuk memperpanjang libur. "Yang punya kewenangan hanya pemerintah pusat," katanya.

Untuk itu, Heryawan menyatakan akan segera mengirim surat ke pemerintah pusat dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara supaya libur Lebaran diperpanjang. "Besok, lusa, kita akan kirim suratnya," kata Heryawan.

Heryawan mengatakan, libur bersama Lebaran yang saat ini berlaku dimulai dari H-3. Kini, pihaknya mengusulkan libur dimulai dari H-5. "Mudah-mudahan bisa digeser ke H-5 libur sebelum Lebaran," katanya.

Penarikan libur bersama sebelum Lebaran lebih awal, kata Heryawan, sangat penting karena akan berpengaruh pada pemerataan dan penguraian kemacetan arus mudik.

"Dengan liburnya ditarik, tentu kemacetan akan lebih terurai. Jadi, akan tidak terlalu macet jika libur bersamanya itu ditarik minimal H-5," pungkasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com