Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan Tuding KPK Politisasi "Shooting" Sinetron Deddy Mizwar

Kompas.com - 14/07/2014, 21:27 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
— Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengendus adanya dugaan politisasi kegiatan sampingan wakilnya, Deddy Mizwar, sebagai pesinetron dan bintang iklan.

Pernyataan Heryawan itu untuk merespons saran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktur Gratifikasi Giri Suprapdiono yang meminta Deddy Mizwar lebih fokus melayani warga Jawa Barat ketimbang bermain sinetron dan jadi bintang iklan (selengkapnya baca: KPK Imbau Deddy Mizwar Fokus Layani Warga Jabar). Bahkan KPK juga meminta Deddy Mizwar melaporkan pendapatan aktivitas shooting sinetron itu (selengkapnya baca: KPK Sarankan Deddy Mizwar Laporkan Penghasilannya dari "Shooting" Sinetron)

Gubernur yang akrab disapa Aher ini berpendapat, masalah kerja sampingan Deddy Mizwar seharusnya tidak perlu dipermasalahkan dan tidak sepatutnya dibesar-besarkan.

"Seharusnya tidak harus diramaikan, saya melihat hal itu diramaikan di luar porsinya karena mungkin ada sisi politisasi kelihatannya," kata Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (14/7/2014).

Aher juga mempertanyakan maksud KPK yang meminta Deddy Mizwar melaporkan penghasilan dari bermain sinetron dan bintang iklan. Sebab, permintaan itu baru disampaikan sekarang.

"Kenapa baru sekarang minta dilaporkan? Kenapa enggak ti kamari (dari kemarin)? Pas pilpres dilapor-laporkan, gitu kan? Makanya ada unsur politisasi, seolah ada hubungannya dengan pilpres," keluh Aher.

Namun demikian, Aher menyatakan tidak keberatan jika KPK meminta laporan harta kekayaan Deddy Mizwar dari hasil main sinetron dan iklan.

"Kalaupun nanti perlu dilaporkan, gampang banget tinggal dilaporkan. Saya yakin enggak ada penyimpangan, enggak ada gratifikasi, jaminannya saya," tegas Aher.

Menurut Aher, Deddy Mizwar adalah orang yang baik, jujur, dapat dipercaya, serta mempunyai tanggung jawab akan tugas dan kewajibannya.

"Pak Wagub itu orang jujur, saya jamin dia orang jujur. Orang yang punya integritas sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada saya," katanya.

Dia juga tidak mempersoalkan aktivias lain Deddy Mizwar yang masih bermain sinetron dan iklan di televisi. "Sekarang gini, ada larangan enggak untuk main sinetron? Ada larangan enggak? Enggak kan?" tandas Aher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com