Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Pacitan Terasa hingga di Kediri

Kompas.com - 14/07/2014, 13:35 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Getaran gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter yang berpusat di Pacitan, Senin (14/7/2014), menjadi bahan perbincangan warga Kediri dan sekitarnya di Jawa Timur. Bahkan, warga di Kabupaten Tulungagung melaporkan banyak sepeda motor terjatuh akibat gempa itu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa yang terjadi pada pukul 12.05 WIB tersebut berpusat di sekitar 104 kilometer tenggara Pacitan atau 126 barat daya Tulungagung, Jawa Timur, dengan pusat gempa berada pada kedalaman 10 km.

Zainal, salah seorang warga di Kediri, menuturkan, gempa tersebut terasa selama sekitar 10 detik. Dia memastikan gempa tersebut dengan melihat beberapa benda di sekitarnya yang bergoyang dan kepalanya yang terasa pusing.

"Lumayan kaget tadi. Untung segera usai," kata Zainal kepada Kompas.com.

Sementara itu, di Kabupaten Tulungagung, menurut penuturan warga, getaran gempa terasa cukup keras, bahkan menjatuhkan motor yang sedang dalam kondisi terparkir.

"Kalau di sini getarannya terasa kencang, ngeri. Motor saya terguling," ujar Tyo, warga di Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com