Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Umat Islam dan Kristen Ambon Doakan Rakyat Gaza

Kompas.com - 13/07/2014, 00:03 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Lebih dari lima ribu warga Kota Ambon berkumpul di kawasan Gong Perdamaian Dunia (GDP), Sabtu (12/7/2014) malam untuk menyatakan solidaritas kemanusiaan terhadap warga Jalur Gaza yang menjadi korban serangan militer Israel.

Ribuan warga yang berasal dari dua komunitas agama Islam dan Kristen di Ambon ini berbaur menjadi satu bersama pemerintah kota Ambon untuk mendoakan terwujudnya perdamaian di Jalur Gaza.

Selain dihadiri Wali Kota Ambon, kegiatan bertajuk "Solidaritas Maluku untuk Perdamaian di Gaza" itu juga dihadiri sejumlah tokoh-tokoh agama, seniman, artis pendukung filim Cahaya dari Timur Beta Maluku dan masyarakat umum.

Ketua Sinode Gereja Protesan Maluku, Pdt Jhon Ruhulesin di hadapan ribuan warga Kota Ambon mengatakan tragedi yang menimpa warga Jalur Gaza sangat disayangkan. Sehingga, semua bangsa di dunia harus mendesak Israel menghentikan kekerasan terhadap Gaza.

Menurutnya, tragedi kekerasan di Gaza bukan merupakan masalah agama akan tetapi masalah kemanusiaan. Sehingga, setiap bangsa di dunia harus dapat segera mencegah kekerasan di gaza agar tidak berkepanjangan.

“Saya pernah ke Palestina dan di sana itu ada sekitar 10 persen warga Kristen, mereka juga mengalami penderitaan yang sama. Kita ada di sini bukan karena solidaritas keagamaan tapi karena solidaritas kemanusiaan. Karena itu mari kita berdoa dan serukan bersama kepada bangsa-bangsa di dunia agar segera bertindak untuk menghentikan setiap bentuk kekerasan di gaza.”pesan Jhon.

Sementara itu, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengajak seluruh warga Kota Ambon mendoakan warga Gaza yang menjadi korban. Dia juga mengingatkan kepada seluruh warga agar tetap menjaga persaudaraan yang selama ini terjalin.

“Hanya dengan doa kita percaya Palestina bisa akan menikmati kedamaian sama dengan yang kita nikmati di Ambon. Oleh karena itu mari kita berdoa bersama agar terpancar perdamaian itu keseluruh pelosok dunia termasuk ke Gaza,” ajaknya.

Dalam acara itu sejumlah seniman di Kota Ambon membacakan puisi untuk perdamaian di Gaza, mereka adalah para pemeran film Cahaya dari Timur Beta Maluku seperti Glen Fredli dan Cicho Jericho. (K54-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com