Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung, Ridwan Kamil Ogah Percaya pada "Quick Count"

Kompas.com - 11/07/2014, 17:49 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengaku bingung melihat hasil penghitungan cepat sementara alias quick count pada pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 ini. Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, untuk sekarang dia belum mau mempercayai hasil hitung cepat lantaran berbeda-beda versinya.

"Metode ilmiah untuk menghitung cepat sebuah perhitungan pemilihan pada saat berbeda, malah membingungkan termasuk ke saya juga," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jumat (11/7/2014).

Pendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ini menilai, perbedaan tersebut lantaran calonnya hanya dua.

"Kalau ilmiah kan seharusnya sama, ini kenapa terjadi bias karena pasangannya cuma dua. Kalau dulu pilkada ada 8, quick count semua sama, kalau dua dan beda tipis karena ada margin error, jadi bisa beda 2 persen ke atas atau ke bawah," jelasnya.

Agar suasana tidak memanas, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bandung untuk tetap menunggu hingga Komisi Pemilihan Umum menetapkan pemenang sebenanya pada tanggal 22 Juli 2014 mendatang.

"Ikuti saja sesuai dengan proses perhitungan KPU," tegasnya.

"Saya tidak mengambil posisi percaya dulu karena keilmiahannya jadi dipertanyakan. Bukan soal jumlah, tapi apakah ini dimanipulasi atau tidak. saya netral aja dan tidak percaya satupun kecuali KPU," tambahnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com