Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Jumat Legi, Ada Tumpengan di "Kampung Jokowi"

Kompas.com - 11/07/2014, 05:09 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Warga Kampung Jokowi di Kelurahan Temenggungan, Kecamatan Kota Banyuwangi, Kamis (10/7/2014) malam, menggelar selamatan tumpeng. Pendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla di kampung ini meyakini kemenangan pasangan tersebut dalam Pemilu Presiden 2014 dan karenanya menggelar syukuran.

"Sengaja kami adakan selamatan di malam Jumat Legi yang dianggap sebagai malam berkah. Ini bentuk syukur Kampung Jokowi atas (perkiraan) kemenangan Jokowi-JK," ungkap Bibib Prayogo, relawan Kampung Jokowi kepada Kompas.com, Kamis.

Meski memahami bahwa hasil akhir dari pemungutan suara Pemilu Presiden 2014 baru akan diputuskan oleh Komisi Pemilihan Umum pada 22 Juli 2014, warga kampung ini tetap berkeyakinan bahwa pasangan calon nomor urut 2 tersebut akan menang. "Tanggal 22 yang menang nomor 2," imbuh Bibib sembari tertawa.

Apalagi, kata Bibib, banyak hasil hitung cepat yang memenangkan Jokowi. "Kami di sini sejak tanggal 9 selalu memantau hasil hitung cepat dari media yang dipercaya. Bukan lembaga 'abal-abal'," ujar dia.

Bibib pun mengatakan bahwa 5 tempat pemungutan suara di Kelurahan Temenggungan mencatatkan kemenangan mutlak Jokowi dengan hampir 80 persen suara sah. "Kami akan ikut mengawal suara Jokowi-JK di Kampung Jokowi karena sepertinya (pasangan ini di tingkat nasional) menang tipis," kata dia.

Sementara itu, Susiani (53), ibu rumah tangga yang mengaku mendukung Jokowi, bercerita bahwa dia merasa bahagia ketika hasil hitung cepat mengunggulkan Jokowi. "Saya dikasih tahu sama anak saya kalau Jokowi menang terutama di TPS sini. Akhirnya saya keliling-keliling kampung pakai daster sebagai bentuk ungkapan kebahagiaan saya," ujar dia dengan mata berkaca-kaca.

"Maaf saya selalu nangis kalau ngomongin tentang Jokowi," kata Susiani sembari mengusap mata. Karenanya, dia juga mengaku ikhlas memasak makanan untuk dimakan bersama dalam selamatan tumpeng di kampungnya ini. "Ini semua sumbangan. Semoga saja Jokowi benar-benar jadi presiden dan diberikan kesehatan serta (memberi) perhatian kepada masyarakat kecil seperti kami."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com