Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filosofi Jawa di Balik Kostum Bregodo Petugas TPS Terban

Kompas.com - 09/07/2014, 11:26 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Demi melestarikan budaya adat Jawa terutama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 15 Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman mengenakan kostum Bregodo Keraton (Prajurit Keraton).

"Agar lebih menarik kami mengenakan kostum Bregodo Keraton (Prajurit keraton)," ujar Ketua KPPS, Anwar Sanusi, Rabu (9/7/2014).

Anwar mengungkapkan, pesta demokrasi memang harus dirayakan seluruh warga negara dengan riang gembira. Karenanya, perlu ada keunikan untuk menarik perhatian masyarakat.

Kegembiraan, lanjut Anwar, tidak semata-mata hanya kebahagiaan, namun perlu ada muatan edukasi di dalamnya. Pada sisi itulah panitia sepakat mengisi dengan kebudayaan, lebih khusus mengenalkan kekayaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, salah satunya Bregodo.

"Dulu kan khusus untuk prajurit keraton, tapi kini bregodo masyarakat sudah boleh mengenakanya. Kita juga sudah izin ke pihak keraton," tegas Anwar.

TPS 15 Kelurahan Terban juga secara khusus mengangkat filosofi Jawa yakni "Hamemayu Hayuning Bawana", yang secara harafiah berarti menjaga keseimbangan hidup dan keselarasan dunia.

Dengan menggunakan filosofi Jawa ini, lanjut Anwar, warga berharap siapa pun pemimpin yang terpilih dapat menyejahterakan masyarakat, adil sekaligus peduli dengan alam. "Total DPT 489. Kami berharap siapa pun pemimpinnya mampu menyejahterakan rakyat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com