Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kecurangan Terulang, Surat Suara Didistribusikan Langsung ke Kelurahan

Kompas.com - 08/07/2014, 12:00 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Manokwari, telah mendistribusikan surat suara dan logistik pemilu ke 24 distrik di wilayah tersebut hingga Selasa (8/7/2014). Untuk distribusi surat suara terakhir ke sejumlah distrik di dalam kota dilakukan langsung di kantor kelurahan.

Komisioner KPU Manokwari, Abdul Muin, mengatakan distribusi logistik Pilpres langsung ke kantor kelurahan dilakukan agar lebih mudah melakukan pengecekan kekurangan logistik yang akan dipergunakan pada hari pencoblosan besok.

“Jarak antara KPU dengan Distrik Manokwari Barat sangat dekat. Jadi pendistribusian dilakukan langsung ke kantor kelurahan,” ujarnya.

Selain jarak kantor KPU dan kelurahan dekat, pendistribusian langsung ke kantor kelurahan adalah untuk meminimalisir tingkat kecurangan yang terjadi seperti pada Pemilu Legislatif lalu, yakni berupa kesalahan pendistribusian di tingkat Panitia Pemilihan Distrik (PPD).

“Untuk pendistribusian bagi distrik terluar tetap sama, yakni dilakukan melalui PPD baru didistribusikan ke tingkat kelurahan dan selanjutnya ke masing-masing TPS,” tuturnya.

Logistik berupa surat suara Pemilu Presiden yang didistribusikan ke tingkat kelurahan diterima oleh Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Selanjutnya Ketua KPPS, bersama komisioner dan aparat kepolisian melakukan pengecekan terhadap logistik tersebut.

Setelah pengecekan selesai, logistik surat suara Pemilu Presiden langsung dimasukkan ke dalam kotak suara dan didistribusikan ke masing-masing tempat pemungutan suara yang berada di dalam kota Manokwari.

Selain menyelenggarakan Pemilu Presiden di Kabupaten Manokwari, KPU Manokwari juga menyelenggarakan Pemilu Presiden di dua kabupaten pemekaran, yakni Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak. Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 174.104 pemilih dengan jumlah TPS 639. Selain itu KPU juga mendirikan TPS khusus penyandang disabilitas (cacat) di halaman kantor KPU serta TPS keliling di rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com