Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Jadi Moderator Debat Pilpres, BEM Undip Titip Tiga Pertanyaan

Kompas.com - 04/07/2014, 21:52 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Penunjukan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof Sudharto P Hadi menjadi moderator dalam acara debat terakhir pasangan calon presiden dan wakil presiden, Sabtu (5/7/2014) ditanggapi oleh civitas akademika Undip.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip Taufik Aulia Rahmat mengaku berbangga sang rektor bisa menjadi moderator. Taufik menitipkan tiga pertanyaan agar bisa ditanyakan oleh sang rektor kepada pasangan capres.

“Kami titip pada Pak Rektor tiga pertanyaan. Mudah-mudahan nanti pesan itu bisa ikut dirumuskan tim ahli untuk bisa dijadikan sebagai salah satu pertanyaan mendatang,” kata Presiden BEM Undip, Taufik Aulia Rahmat, Jum’at (4/7/2014) malam.

Tiga pertanyaan yang dititipkan mahasiswa kepada Rektor Undip itu adalah soal kebijakan untuk merevitalisasi rantai pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian. Lalu, mengembalikan kekuasaan blok migas, serta kekayaan tambang ke Indonesia demi kepentingan rakyat. Kemudian, menyelamatkan dan memperbaiki lingkungan dari kerusakan akibat pembangunan atau aktivitas korporasi.

Sebelumnya, KPU menetapkan Rektor Undip Sudharto P Hadi, sebagai moderator debat terakhir atau debat kelima di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan dengan tema debat, "Pangan, Energi, dan Lingkungan".

Selain menjadi moderator, Sudharto akan menjadi salah satu tim ahli yang akan merumuskan dan menyusun pertanyaan yang akan diajukan kepada para kandidat.

Ada enam anggota tim ahli yaitu:
Dekan Fakultas Ekologi Institut Pertaniam Bogor (IPB) Arif Satria, PhD;
Pakar matematika dan sains dari Universitas Institut Teknologi Bandung Megawati Santoso, PhD;
Rektor Universitas Nusa Cendana (Nusa Tenggara Timur) Prof Fredrik Lukas Benu;
Guru Besar Ketahanan Pangan Departemen Teknologi Hasil Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas (Sumatera Utara) Prof Posman Sibuea;
Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas Prof Helmi, PhD;
Kepala Studi Energi Universitas Gadjah Mada Dr Deendarlianto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com